Jun 23, 2006

Cinta, Pencarian dan Kehilangan dalam "Catatan Perjalanan Malam" Seorang Gatorz

Lelaki dan problematikanya. Hanya segelintir laki-laki yang bisa mengungkapkan apa yang mereka lihat, dengar dan rasa dalam bentuk puisi. Seperti Gatorz, salah seorang anggota Blogfam yang telah mengisi Galeri Kreasi sejak awal forum Blogfam berdiri desember 2003 hingga sekarang! Apanya yang aneh? Tak ada yang aneh, namun hebatnya, puisi-puisi Gatorz seperti sebuah novel minimalis kata; namun syarat makna.


anak ku
bukan aku tak mau menemanimu
mejagamu saat kau lelap dengan
semua mimpi kanak kanakmu
saat temaram perlahan turun,
dan juga saat semua monster keluar dari belakang lemari baju mu

bukan... bukan karena aku tidak mau untuk bisa bersamamu
dan mungkin juga, memang sudah tertuliskan
mungkin
pada saat ini

mungkin aku tak bisa
mendengar tawa pertamamu
melihat senyum genitmu
kedipan kedua mata lucumu

mungkin saat ini
masih belum bisa

dalam hati
masih kurasakan lembutnya pipi dan jemari kecilmu
saat kau sentuh kasarnya kulit ini
untuk yang pertama kali
dan hanya itu yang ku punya

dan mungkin aku pun tak akan bisa
melihat mu
saat kau tertawa berlari
atau saat kau pulang menangis karena jatuh dari sepedamu

hal itu terlalu indah untuk aku bisa bayangkan
saat ini

namun aku ingin kau tahu
ataupun ibumu juga tahu

aku sayang kamu
..

fur :
Rama Banu "Tiesto" Aditya

..
if our faith ...
we will meet again


Untaian kata-kata di atas adalah salah satu puisi "Catatan Perjalanan Malam Ini" milik Gatorz. Dan bisa dibilang, "Catatan Perjalanan Malam Ini" adalah rangkaian puisi-puisi Gatorz yang paling lama bertahan di Galeri Kreasi hingga lembaran ke 27!

Ketika dihubungi lewat email, Gatorz bercerita bahwa ia cuma menulis apa yang dijalani selama ini. "Sebenernya di mulai pada saat aku sedang dalam perjalanan pulang dari suatu tempat menuju rumah. Waktu itu aku sedang dalam suatu kondisi 'disappointing of something' dan saat itu aku sedang berusaha untuk get up again. Then I realize.. there is so many around me. Mereka-mereka yang di bawah aku yang tidak seberuntung aku, tapi aku sendiri can't do nothing, cuma bisa melihat saja. Di awal aku banyak bercerita tentang mereka-mereka mahluk malam. yang ada di jalan-jalan, di lorong-lorong dan di gang-gang. Dan lama kelamaan aku bercerita tentang semua apa yang aku lihat, yang aku rasakan," katanya yang juga mengaku semua adalah refleksi dirinya.

Inti Catatan Perjalanan Malam Ini menceritakan tentang suatu pencarian. Tentang cinta, tentang kehilangan, tentang mereka-mereka yang aku cintai dan mereka-mereka yang telah pergi dari aku. Cinta yang aku gambarkan disini tidak semuanya untuk seseorang tapi juga untuk mereka. But most of all is about seeking of something.."

Di akhir email, Gatorz menuturkan bahwa ia tidak akan berhenti berkarya dalam "Catatan Perjalanan Malam Ini". Mungkin di tempat lain ia sudah mengganti judulnya menjadi "Menunggu Matahari Pagi dan Langkah dalam Hujan" tapi isinya sama. Mungkin kalau ia sudah tidak menulis lagi di forum Blogfam, catatan-catatan tersebut akan tetap ada di blognya dan sepertinya Gatorz akan membuat satu blog sendiri khusus untuk semua puisi-puisinya.

"But I'm too lazy to do it," selorohnya.

Terus berkarya!***(tuteh)

taken fr ..
http://bz.blogfam.com/bzkreasi/cinta_pencarian_dan_kehilangan/

No comments: